Selasa, 10 Mei 2011

Windows 8..???


Inilah berita terbaru di Internet yang sedang dibicarakan, yaitu mengenai Windows 8. Belum tuntas mengenai Windows 7, namun sudah tersiar kabar tentang kehadiran Windows 8. Apa dan bagaimana berita selengkapnya? silahkan menyimak liputan berikut.

Windows 8 atau dikenal dengan nama Copenhagen ini sebenarnya adalah sebuah protoype Windows mendatang. Kurang jelas juga, apakah protoype ini nantinya akan ditanam pada Windows 7, namun Copenhagen yang dibuat oleh Cullen Dudas ini seakan memang "pesanan" dari Redmont untuk membuat versi Windows yang lebih baik dan lebih user friendly.

Beberapa perubahan memang digubah dengan lebih baik oleh Cullen. Siapakah dia sebenarnya? Blog maupun situs dia tidak memilikinya, namun selama beberapa bulan, dengan coretan tangannya tentang desain interface dari Windows telah dilukisnya. Berawal dari coret-coretan gambar, sampai dengan implementasinya menggunakan Photoshop. "aiming to make the Windows experience an easier, more relaxed and gentle approach to using a computer", demikian seperti yang disampaikan oleh Cullen.
Windows 8 Opening
Penggambaran Windows 8 yang didesain oleh Cullen ini dapat diamati pada Youtube, dengan key "Windows 8". Cullen sendiri sebenarnya memang salah seorang desainer dari Windows. Tujuan dari desain ini memang berkeinginan untuk memberikan penggunaan Windows yang lebih baik. Seperti apa yang disampaikannya
Windows 8 - Switching User
 
I’ve been talking to people at Microsoft for the past couple of years. I got to know a lot of people all over Windows in all sorts of functions. It’s been really fun to be able to talk to all sorts of product teams, have some in-depth discussions with them, and knowing that the feedback I was giving was going to make a better Windows experience for close to a billion people. That was an exhilarating experience for me. I love Windows, and I love Microsoft; it’s a deep passion for the products and the people who use it.”

Gubahan Cullen memang cukup banyak, namun tujuannya jelas, ingin lebih memudahkan user dalam melakukan penggunaan Windows agar lebih baik bekerja dengan penggunanya.Kita dapat melihat perubahan pada akses My computer, sampai pada akses Multimedia yang lebih baik.
Windows Desktop Bar
Windows Desktop Bar pun juga digubahnya menjadi lebih ramping, saat aplikasi yang diaktifkan semakin banyak, maka Windows akan terasa penuh, jika tanpa aplikasi berjalan,windows bar juga hanya menampilkan tombol start menu saja.
Windows 8 - Start Menu
 
Pertanyaan konfirmasi tentang kemudahan membuat shortcut, dikarenakan aplikasi terlalu sering dipanggil akan muncul seperti pada gambar berikut. Cukup mudah dan informatif bukan ?
 Windows 8 - Shortcut Confirmation
Tampilan Start Menu jugalebih ramping, terkesan lebih personal,dibandingkan dengan penggunaan pada Windows XP, Vista dan Windows 7. Dapat diamati pada gambar berikut.
Windows 8 - Start Menu
Windows 8 - Start Menu - Programs

Windows 8 - Start Menu
Apakah isi dari "Cullen Stuff" ? ternyata adalah keseluruhan akses pada perangkat (device) yang kita miliki. Ideini yang tampaknya diadopsi dari menu "My Computer" seperti yang biasa kita akses.
 
Windows 8 - My Stuff
Akses pada folder "Music" rasanya seperti langsung membuka Windows Media Player, artinya tanpa aplikasi tersebut, melalui folder kita dapat langsung menggunakannya.
Windows 8 - My Music Folder
 
Menarik  bukan Windows 8 Copenhagen yang dibuat Cullen ini? mungkin saja ini juga sebagai gambaran awal tambahan pada Windows 7 nanti, atau ? Windows masa depan mungkin ya ? Kita ikuti saja langkah Microsoft selanjutnya.
Informasi ini tidak dibuat untuk menyanjung Microsoft dengan produknya, namun sebagai sebuah media yang menyajikan berita terkini tentang Teknologi Informasi, maka bentuk berita yang ada harus kita terima dan ketahui dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

users olStatus : Kawan Online.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More